System
pendingin
Fungsi
system pendingin
Untuk menjaga temperature mesin dilevel
optimal (80°c - 90°c pada temperature
cairan) dengan mensirkulasikan pendinginan didalam mesin.
Komponen
system pendigin
Radiator
Untuk mendinginkan cairan yang sudah mencapai
temperature tinggi
Tutup radiator :
Vacuum
valve
Memasukan cairan dari reservoir tank
saat radiator tekanannya turun
Radiator terdiri dari tangki atas dan bawah
yang dihubungkan dengan pipa yang berfungsi untuk mengalirkan sekaligus mendinginkan air pendingin
Lower
hose
Sebagai jalan untuk mengalirkan cairan pendingin
yang telah dingin kembali ke water jacket melalui water pump
Upper
hose
Sebagai jalan untuk mengalirkan cairan pendingin
yang panas dari water jacket ke radiator utuk
didinginkan.
Thermostat
Untuk mempercepat tercapainya tercapainya
suhu kerja mesin dan mempertahankannya.
Thermostat biasanya terpasang antara
radiator dan sikuit pendingin (blok silinder dan silinder head)
Thermostat
bekerja seperti katup otomatif yang bekerja
berdasarkan panas,dimana pada waktu dingin katup akan menutup dan pada waktu panas
katup akan membuka.
Thermostat bias membuka dan menutup karena
wax sealed yang ada didalam silinder thermostat,volume wax dapat bertambah saat
temperature naik ini yang akan membuka katup thermostat .begitu sebaliknya jika temperature
turun volume wax akan berkurang dan katup thermostat akan tertutup.
Thermostat
juga dilengkapi jingle valve/salurankecil yang berfungsi mengalirkan air
pendingindari system saat dilakukan pengisian air radiator.
Jika
pemasangan thermostat salah(jingle valve ada dibawah,seharusnya ada diatas)
maka akan menyebabkan overheating.karena fungsi jingle valve adalah untuk jalan
udara yang terjebak dalam system pendingin. Jadi bila lubang ini tertutup/salah
pemasangan maka udara tidak bias lewat.Sehingga udara yang bertekanan tinggi ini
akan memaksa keluar,dan satu-satunya jalan adalah melalui persambungan blok mesin
dan silinder head. Akibatnya silinder head akan memuai,karena panas dari udara tersebut.
Kenapa silinder head saja yang memuai kenapa
tidak dengan blok mesin?
Jawabannya adalah blok mesin terbuat dari
baja sehingga koefisien muainya kecil sedangkan silinder head terbuat dari besi
tuang,koefisien muainya lebih besar dari koefisien muai baja.
Kenapa posisi jingle valve ada diatas?
Karena massa jenis udara lebih kecil dari
massa jenis air sehingga udara pasti diatas air. Karena jingle valve sebagai jalan
bagi udara maka dipasang diatas,karena udara diatas air.
Fungsi thermostat adalah untuk mempercepat
tercapainya suhu kerja mesin.jadi jika thermostat tidak dipasang maka suhu kerja
mesin akan lama tercapai,dikarenakan air radiator yang masih dingin sudah didinginkan
oleh radiator. Ini mengakibatkan bahan bakar menjadi boros.
Kipas pendingin
- Sebelah kiri System kipas pendingin yang digerakanoleh belt
- Sebelah kanan System kipaspendingin yang digerakanoleh motor listrik
Untuk membantu agar aliran udara selalu cukup
untuk mendinginkan radiator.
System kipas pendingin yang
digerakanoleh belt
Kipas jenis ini digerakan terus menerus oleh
poros engkol melalui tali kipas. Kecepatan kipasberubahsesuaidengankecepatanmesindanhaltersebutbelumcukupbesar.
System kipaspendingin yang digerakanoleh
motor listrik
Motor listrik ini menerima sinyal dari
sensor temperature pendingin yang dikirim dari kepala silinder. Ketika
temperature meningkat pada suhu yang ditetapkan .sinyal ini merangsang motor relay menggerakan motor dan kemudian menggerakan
kipas pendingin
Tangki cadangan
(reservoir tank)
Fungsi pada saat mesin :
Dingin : menyimpan cadangan air,sebagai
indicator (kualitas air radiator)
Panas : menampung cairan pendingin yang
berlebihdari radiator pada saat mesin panas
Water pump
Berfungsi untuk mensirkulasikan cairan pendingin
kesaluran pendingin .
Pompa yang biasa digunakan umumnya adalah
type sentrifugal . pompa ini digerakan oleh taki kipas/v-belt.
Water jacket
Sebagai saluran yang ada pada blok mesin
berfungsi untuk mendinginkan daerah blok silinder.
Sirkulasipendek
Water jacket→selang by pass→water jacket
Sirkulasi pendek terjadi ketika suhu mesin
masih dingin dan bertujuan untuk mempercepat temperature kerja mesin tercapai. Air didalam mesin bersirkulasi dengan bantuan water pump melewati selang by pass tanpa melewati
radiator
Sirkulasipanjang
sirklus panjang terjadi ketika suhu mesin telah tercapai sehingga thermostat membuka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar