Kamis, 26 Februari 2015


System pendingin

Fungsi system pendingin
Untuk menjaga temperature mesin dilevel optimal  (80°c - 90°c pada temperature cairan) dengan mensirkulasikan pendinginan didalam mesin.


Image result for tangki cadangan
Komponen system pendigin
Image result for tangki cadangan
Radiator
Image result for radiator
Untuk mendinginkan cairan yang sudah mencapai temperature tinggi


Tutup radiator :
Image result for tutup radiator
Image result for tangki cadanganRelief  valve
Image result for tangki cadanganUntuk membebaskan tekanan cairan pendingin dari radiator kereservoir  tank melalui overflow( tekanan radiator  naik)
Vacuum valve
Memasukan cairan dari reservoir tank saat radiator tekanannya turun
Radiator terdiri dari tangki atas dan bawah yang dihubungkan dengan pipa yang berfungsi untuk mengalirkan sekaligus mendinginkan  air pendingin
Lower hose
Sebagai jalan untuk mengalirkan cairan pendingin yang telah dingin kembali ke water jacket melalui water pump
Upper hose
Sebagai jalan untuk mengalirkan cairan pendingin yang panas dari water jacket ke radiator utuk  didinginkan.

Thermostat
Image result for car thermostat Image result for car thermostat

Untuk mempercepat tercapainya tercapainya suhu kerja mesin dan mempertahankannya.
Thermostat biasanya terpasang antara radiator dan sikuit pendingin (blok silinder dan silinder  head)
            Thermostat bekerja seperti katup otomatif  yang bekerja berdasarkan panas,dimana pada waktu dingin katup akan menutup dan pada waktu panas katup akan membuka.

Thermostat bias membuka dan menutup karena wax sealed yang ada didalam silinder thermostat,volume wax dapat bertambah saat temperature naik ini yang akan membuka katup  thermostat .begitu sebaliknya jika temperature turun volume wax akan berkurang dan katup thermostat akan tertutup.
            Thermostat juga dilengkapi jingle valve/salurankecil yang berfungsi mengalirkan air pendingindari system saat dilakukan pengisian air radiator.
            Jika pemasangan thermostat salah(jingle valve ada dibawah,seharusnya ada diatas) maka akan menyebabkan overheating.karena fungsi jingle valve adalah untuk jalan udara yang terjebak dalam system pendingin. Jadi bila lubang ini tertutup/salah pemasangan maka udara tidak bias lewat.Sehingga udara yang bertekanan tinggi ini akan memaksa keluar,dan satu-satunya jalan adalah melalui persambungan blok mesin dan silinder head. Akibatnya silinder head akan memuai,karena panas dari udara tersebut.
Kenapa silinder head saja yang memuai kenapa tidak dengan blok mesin?
Jawabannya adalah blok mesin terbuat dari baja sehingga koefisien muainya kecil sedangkan silinder head terbuat dari besi tuang,koefisien muainya lebih besar dari koefisien muai baja.
Kenapa posisi jingle valve ada diatas?
Karena massa jenis udara lebih kecil dari massa jenis air sehingga udara pasti diatas air. Karena jingle valve sebagai jalan bagi udara maka dipasang diatas,karena udara diatas air.
Bagaimana jika sebuah mobil tidak memakai thermostat?
Fungsi thermostat adalah untuk mempercepat tercapainya suhu kerja mesin.jadi jika thermostat tidak dipasang maka suhu kerja mesin akan lama tercapai,dikarenakan air radiator yang masih dingin sudah didinginkan oleh radiator. Ini mengakibatkan bahan bakar menjadi boros.

Kipas pendingin
Image result for kipas pendingin mobil
  • Sebelah kiri System kipas pendingin yang digerakanoleh belt 
  • Sebelah kanan System kipaspendingin yang digerakanoleh motor listrik

Untuk membantu agar aliran udara selalu cukup untuk mendinginkan radiator.
 Ada 2 jenis kipas pendingin:
System kipas pendingin yang digerakanoleh belt
Kipas jenis ini digerakan terus menerus oleh poros engkol melalui tali kipas. Kecepatan kipasberubahsesuaidengankecepatanmesindanhaltersebutbelumcukupbesar.
System kipaspendingin yang digerakanoleh motor listrik
Motor listrik ini menerima sinyal dari sensor temperature pendingin yang dikirim dari kepala silinder. Ketika temperature meningkat pada suhu yang ditetapkan .sinyal ini merangsang  motor relay menggerakan motor dan kemudian menggerakan kipas pendingin
  
Tangki cadangan (reservoir tank)
Image result for tangki cadangan
Fungsi pada saat mesin :
Dingin : menyimpan cadangan air,sebagai indicator (kualitas air radiator)
Panas : menampung cairan pendingin yang berlebihdari radiator  pada saat mesin panas

Water pump
Image result for car water pump
Berfungsi untuk mensirkulasikan cairan pendingin kesaluran pendingin .
Pompa yang biasa digunakan umumnya adalah type sentrifugal . pompa ini digerakan oleh taki kipas/v-belt.


Water jacket
Image result for car water jacket Image result for car water jacket
Sebagai saluran yang ada pada blok mesin berfungsi untuk mendinginkan daerah blok silinder.
Sirkulasipendek

Water jacket→selang by pass→water jacket

Sirkulasi pendek terjadi ketika suhu mesin masih dingin dan bertujuan untuk mempercepat temperature kerja mesin tercapai.  Air didalam mesin bersirkulasi dengan bantuan  water pump melewati selang by pass tanpa melewati radiator
Sirkulasipanjang

sirklus panjang terjadi ketika suhu mesin telah tercapai sehingga thermostat membuka.

Water jacket → thermostat ( melalui upper hose) → radiator ( di bantu extra fan)→water jacket(melalui lower hose)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar